Mengapa Api Tidak Mempunyai Bayangan?

Mengapa Api Tidak Mempunyai Bayangan? Ilustrasi Gambar bersumber dari google image dan di desain by blognateya.com

BLOGNATEYA.COM - Halo Sahabat blognateya dimana saja berada! Semoga kalian semua selalu dalam keadaan sehat. pada artikel ini kami mencoba membahas salah satu unsur yang ada di muka bumi. Pernahkah kalian menyadari bahwa ada satu fenomena menarik yang sering kita abaikan dalam kehidupan sehari-hari? Salah satunya adalah fakta bahwa "api tidak memiliki bayangan". Ya, kalian tidak salah dengar!

Kita semua tahu bahwa setiap kali berjalan di bawah sinar matahari atau lampu, tubuh kita menghasilkan bayangan. Bahkan, bayangan masa lalu bisa membuat kita tersentuh, haha! Namun, kali ini kita bukan membahas bayangan secara metaforis, melainkan bayangan secara fisik, khususnya bayangan dari api. Nyatanya, nyala api tidak bisa menghasilkan bayangan. Apakah kalian pernah menyadarinya? 

Fenomena ini sebenarnya cukup sederhana. Kamu tidak perlu pusing dengan rumus fisika yang rumit. Alasannya adalah karena api merupakan sumber cahaya itu sendiri. Seperti kita ketahui, bayangan terbentuk ketika sebuah objek menghalangi cahaya. Namun, api justru adalah penghasil cahaya. Jadi, tidak ada cahaya yang bisa dihalangi oleh api untuk menciptakan bayangan. Sama seperti lampu yang tidak bisa menghasilkan bayangan dari dirinya sendiri, hal ini juga berlaku untuk api.

Kalau kamu belum percaya, coba deh nyalakan korek api dan posisikan sekitar 10-15 cm dari tembok. Kamu akan melihat bayangan batang koreknya, tapi tidak ada bayangan dari nyala apinya. Penasaran? Cobalah sendiri di rumah dan lihat hasilnya.

Jadi, itulah sebabnya api tidak memiliki bayangan. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan baru bagi kalian semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.  

Sumber Informasi :

- Dilansir dari tulisan Alfatur Rahman di akun pribadinya dalam platdorm QUORA 

Posting Komentar untuk "Mengapa Api Tidak Mempunyai Bayangan?"