Pertama Kali dalam Sejarah, Peringatan HUT ke-79 RI Dipusatkan di Ibu Kota Baru, IKN

Peringatan HUT RI KE 79 akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN), Ilustrasi Gambar bersumber dari google image dan di desain by blognateya 

BLOGNATEYA.COM | Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur - Untuk pertama kalinya dalam sejarah Indonesia, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia akan diselenggarakan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Acara yang biasanya dipusatkan di Jakarta ini, tahun 2024 dipindahkan ke Nusantara sebagai bagian dari peresmian ibu kota baru.

Masyarakat lokal menyambut dengan antusias peringatan bersejarah ini. Mereka tidak hanya bangga bahwa wilayah mereka kini menjadi pusat pemerintahan, tetapi juga ingin menyaksikan secara langsung upacara yang biasanya digelar di Istana Negara Jakarta. Ketua Satgas Percepatan Pembangunan IKN menyebutkan, kawasan sumbu kebangsaan yang berada di depan Istana Negara IKN akan menjadi tempat utama pelaksanaan upacara. Area ini mampu menampung sekitar 8.000 orang, termasuk masyarakat umum, warga sekitar IKN, masyarakat adat, dan para pekerja konstruksi. Pemerintah juga menyediakan fasilitas mobilitas untuk memastikan semua pihak dapat menyaksikan peringatan HUT RI ini dengan nyaman.

Persiapan di IKN telah mencapai lebih dari 90%, termasuk di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan Istana Negara. Lapangan upacara yang akan menjadi lokasi utama pelaksanaan acara pun sudah dalam tahap finalisasi dan siap digunakan pada 17 Agustus 2024.

Momen puncak peringatan kemerdekaan akan diawali dengan kirab duplikat bendera merah putih dan teks proklamasi yang dibawa dari Jakarta menuju IKN. Rangkaian acara lainnya, seperti sidang kabinet, juga akan digelar di IKN menjelang peringatan 17 Agustus. Acara ini menjadi simbol keseriusan pemerintah dalam mempercepat pengembangan dan persiapan infrastruktur di IKN sebelum puncak peringatan kemerdekaan.

Kehadiran undangan dari berbagai kalangan, termasuk para tamu VIP, diprediksi akan menghadapi tantangan akses transportasi, mengingat tol fungsional yang digunakan untuk perjalanan dari Bandara Sepinggan menuju IKN hanya dibuka untuk kendaraan khusus. Iring-iringan kirab bendera dan teks proklamasi akan melewati jalur tol fungsional ini, dari Bandara Sepinggan hingga ke Istana Negara di IKN, melalui jembatan Pulau Balang.

Peringatan kemerdekaan di IKN tidak hanya akan menjadi momen bersejarah, tetapi juga simbol kebangkitan dan perubahan bagi Indonesia yang menuju masa depan dengan ibu kota baru. (RG)

Sumber Informasi:  Dilansir dari kanal YouTube KOMPASTV

Posting Komentar untuk "Pertama Kali dalam Sejarah, Peringatan HUT ke-79 RI Dipusatkan di Ibu Kota Baru, IKN"