Asam Lambung Bukan Penyakit, Berikut Penjelasannya

Asam lambung, Ilustrasi Gambar bersumber dari google image dan di desain by blognateya 

BLOGNATEYA.COM - Sering kali, orang Indonesia menganggap asam lambung sebagai penyakit. Padahal, asam lambung bukanlah penyakit. Asam lambung adalah cairan yang terdiri dari asam klorida, kalium klorida, dan natrium klorida. Fungsinya adalah untuk membunuh kuman dan mencerna makanan. Bayangkan jika kita tidak memiliki asam lambung, kita akan mengalami infeksi pada saluran pencernaan dan kekurangan nutrisi.

Sebenarnya, penyakit lambung yang umum dialami hanya ada empat:

1. GERD (Gastroesophageal Reflux Disease)

- Gejala: Heartburn atau rasa terbakar di dada karena naiknya asam lambung ke kerongkongan. Ini sering disalahartikan sebagai sakit maag, meskipun dalam istilah medis "sakit maag" tidak ada.

2. Dispepsia

- Gejala: Sering kembung, cepat merasa kenyang meskipun baru makan sedikit, dan rasa begah.

3. Gastritis

- Gejala: Peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit perut, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.

4. Tukak Lambung

- Gejala: Luka terbuka pada lambung yang bisa menyebabkan pendarahan. Gejalanya termasuk nyeri perut yang parah, terutama saat perut kosong, dan tanda pendarahan seperti muntah darah atau tinja berwarna hitam.

Memahami perbedaan antara asam lambung dan penyakit lambung sangat penting agar kita bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat jika mengalami gejala-gejala tersebut.

Sumber informasi : Dilansir dari channel youtube @ApotekerAlvin kemudian dikemas menjadi satu artikel yang menarik dan di bantu oleh chatgptai 

Posting Komentar untuk "Asam Lambung Bukan Penyakit, Berikut Penjelasannya"