Mengenal 9 Naga, Konglomerat yang Menguasai Perekonomian Indonesia

Ilustrasi 9 Naga, sumber gambar diambil dari google image dan di desain kembali oleh team blognateya 

BLOGNATEYA.COM - Tahukah Anda tentang istilah "9 Naga" yang ada di Indonesia? Istilah ini merujuk pada sembilan pengusaha yang memiliki pengaruh besar dalam perekonomian Indonesia. Bagi Anda yang penasaran siapa saja tokoh dari 9 Naga tersebut, berikut adalah daftar dan penjelasan mengenai mereka yang dilansir dari Channel Youtube @25_point.

1. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono selalu menempati urutan pertama sebagai orang terkaya di Indonesia selama sepuluh tahun terakhir. Pada tahun 2023, posisinya digeser oleh bos Bayan Resources. Budi Hartono adalah pemilik PT Djarum, perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, ia juga memiliki saham di berbagaiahaan besar, seperti Bank Central Asia (BCA), PT Sarana Menara Nusantara Tbk, dan PT Supra Boga Lestari Tbk. Budi Hartono menempati urutan ke-61 orang terkaya di dunia versi majalah ekonomi tahun 2023.

2. Rusdi Kirana

Rusdi Kirana adalah pendiri Lion Air Group, perusahaan layanan transportasi udara. Lion Air Group membawahi beberapa perusahaan lain, seperti Wings Air, Batik Air, dan Malindo Air. Perusahaan ini tidak hanya beroperasi di Indonesia, tetapi juga di Malaysia dan Thailand, dengan total lebih dari 120 destinasi penerbangan.

3. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi adalah pendiri Santini Group, yang awalnya bernama Gemala Group pada tahun 1994. Santini Group bergerak di berbagai sektor, termasuk peralatan otomotif, infrastruktur, sumber daya alam, pengembangan properti, dan jasa. Perusahaan ini telah berkembang hingga ke empat benua dan kini dipimpin oleh anak-anak Sofjan.

4. Edward Suryajaya

Edward Suryajaya adalah putra sulung William Suryajaya, pendiri PT Astra International. Pada tahun 1990, Edward mendirikan Bank Suma dan kemudian menjabat sebagai Direktur di Ortus Group yang bergerak di bidang medical telematika.

5. Jacob Soetoyo

Jacob Soetoyo adalah Presiden Direktur PT Gresik Sarana Perkasa, sebuah perusahaan properti yang terlibat dalam pembangunan hotel JS Nuansa. Jacob juga merupakan Dewan Pengawas Center of Terpijit and International Study dan memiliki jaringan penguasa dunia yang kuat untuk melakukan lobi internasional.

6. James Riady

James Riady adalah putra sulung Mochtar Riady, pendiri Lippo Group. James mewarisi berbagai perusahaan milik ayahnya, termasuk Lippo Group yang bergerak di bidang real estate, ritel, perhotelan, rekreasi, kesehatan, pendidikan, media dan berita, telekomunikasi, teknologi digital, serta layanan keuangan.

7. Tommy Winata

Tommy Winata adalah pemilik Artha Graha Group, yang ia dirikan pada tahun 1990. Artha Graha Group beroperasi di sektor properti, keuangan, agroindustri, dan perhotelan. Selain itu, Tommy juga merambah ke sektor pertambangan, media hiburan, ritel, IT, dan telekomunikasi.

8. Anthony Salim

Anthony Salim adalah anak dari Sudono Salim, pendiri Salim Group. Anthony berhasil membangkitkan kembali Salim Group yang kini menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Salim Group bergerak di berbagai bidang, termasuk produksi makanan dengan merek Indofood, serta memiliki beberapa perusahaan lain seperti Super Indo, Elshinta, Indomaret, dan supermarket.

9. Gatot S. Dewa Broto

Gatot S. Dewa Broto dikenal sebagai penguasa ekonomi Indonesia, investor, filantropis, sekaligus pendiri Mayapada Group. Perusahaan ini bergerak di berbagai sektor, termasuk jasa keuangan, kesehatan, hotel, real estate, ritel, media, dan pertambangan energi.

Demikianlah pembahasan tentang tokoh-tokoh 9 Naga yang menguasai perekonomian Indonesia. Semoga dapat menambah wawasan Anda.(RG)

Sumber Informasi:  Diambil dari channel youtubr @25_point, kemudian di kemas dalam satu artikel yang dibantu oleh chatgptai.

Posting Komentar untuk "Mengenal 9 Naga, Konglomerat yang Menguasai Perekonomian Indonesia"