Peran Strategis PAFI Kota Pangkal Pinang Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Profesionalisme Farmasi

Ilustrasi Gambar PAFI Kota Pangkal Pinang (Sumber Gambar:  Google image di desain kembali oleh team blognateya.com ) 
BLOGNATEYA.COM|Kota Pangkal Pinang -Peran para tenaga ahli farmasi di dunia kesehatan sangatlah penting, terutama dalam menjamin kesehatan masyarakat. Seorang farmasis adalah pihak yang paling menguasai serta berkompeten dalam hal obat-obatan. 

Untuk itu, PAFI Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka Belitung hadir di tengah masyarakat untuk mewujudkan dan mendukung perkembangan kesehatan di daerahnya dan juga di seluruh Indonesia. Struktur Pengurus Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di Kota Pangkal Pinang telah ditetapkan dengan periode 2022-2027. Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi website PAFI Kota Pangkal Pinang di https://pafikotapangkalpinang.org agar kalian bisa melihat langsung seluruh kegiatan mereka.

Sekilas Tentang PAFI

Apa itu PAFI? Mungkin banyak masyarakat yang belum mengenal apa itu PAFI dan apa perannya dalam mendukung kesehatan di Indonesia. Berikut sejarah singkat terbentuknya PAFI.

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ahli farmasi di Indonesia telah berjuang bersama seluruh elemen masyarakat untuk mengusir penjajahan, mempertahankan kemerdekaan, dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Ahli farmasi Indonesia menjadi salah satu pilar penting dalam upaya pembangunan nasional, khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta, dibentuklah organisasi yang dinamakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi ini bertujuan untuk menghimpun seluruh tenaga ahli yang berdedikasi di bidang farmasi. PAFI berazaskan Pancasila dan berperan sebagai organisasi profesi yang mengedepankan kekaryaan dan pengabdian.

Tujuan PAFI

PAFI memiliki beberapa tujuan utama,yaitu:

  1. Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  3. Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia.
  4. Meningkatkan kesejahteraan anggota PAFI.

Struktur Kepengurusan PAFI Kota Pangkal Pinang

Berikut adalah struktur kepengurusan organisasi PAFI Kota Pangkal Pinang periode 2022-2027:

Ida Ayu Made Manuastiniari, A. Md. Farm. (Ketua) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016), Pengalaman Organisasi: PAFI PC Karangasem (Ketua dari 2019-sekarang) Tempat Kerja: RSUD Karangasem (2009-sekarang), Apotek Gauranga Farma (2017-sekarang)

I Made Pasek Swarya Yasa, A.Md.Farm (Wakil Ketua) Pendidikan: SMK Farmasi Saraswati Denpasar (2007), Akademi Kesehatan Bintang Persada (2021) Tempat Kerja: RSUD Karangasem (2012-sekarang), Apotek Aditya Farma (2018-sekarang)

Ni Nyoman Noni, Amd. Farm (Bendahara) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016) Pengalaman Organisasi: PAFI PC Karangasem (Bendahara dari 2019-sekarang) Tempat Kerja: UPTD Kesehatan Puskesmas Sidemen (2006-sekarang)

Erlina Dwi Handayani, A.Md.Farm (Sekretaris I) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016) Pengalaman Organisasi: PAFI PC Karangasem (Sekretaris II dari 2019-2022, Sekretaris I dari 2022-2027) Tempat Kerja: UPTD Puskesmas Manggis I (2019-sekarang), Apotek Ulakan (2020-sekarang), Apotek Padangkerta (2021-sekarang)

Ni Komang Ristayani (Sekretaris II) Pendidikan: SMK Negeri 1 Tembuku (2016), Akademi Kesehatan Bintang Persada (2021) Pengalaman Organisasi: PAFI PC Karangasem (Sekretaris II dari 2022-sekarang) Tempat Kerja: RS Balimed Karangasem (2016-sekarang), Apotek BWF (2021-sekarang), Apotek Toya Anyar (2021-sekarang)

I Komang Harris Wijaya, A.Md.Farm (Seksi Organisasi) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018) Tempat Kerja: Rumah Sakit Bali Med Karangasem (2018-sekarang), Klinik Tulus Ayu Amlapura (2019-sekarang)

Dewa Gede Andika Pramartha (Seksi Pendidikan) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018) Tempat Kerja: UPTD Puskesmas Abang 1 (2019-sekarang)

Ni Nyoman Trisna Ayu Andani (Seksi Usaha dan Kesejahteraan) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2013) Tempat Kerja: Toko Obat Yoga Jaya (2020-2024), UPTD Puskesmas Selat (2022-sekarang)

Ni Made Erlina Widyasari, A.Md.Farm (Seksi Informasi dan Teknologi) Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018) Tempat Kerja: Puskesmas Karangasem I (2019-sekarang), Apotek Sinduraja (2021-sekarang)

Alamat Kantor: Jalan Linggarjati No.137, Batin Tikal, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Email: admin.pafikotapangkalpinang@gmail.com, Telp: +685701081304.

Dengan semangat profesionalisme dan pengabdian, PAFI Kota Pangkal Pinang terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan masyarakat dan farmasi di Indonesia.

Demikian artikel ini kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian semua. Apabila ada kritik dan saran, silakan tulis pada kolom komentar yang telah kami sediakan.

Sumber Informasi:  Diambil dari website fapikotapangkalpinang dan di kembangkan oleh chatgptai

Posting Komentar untuk "Peran Strategis PAFI Kota Pangkal Pinang Dalam Meningkatkan Kesehatan Masyarakat Melalui Profesionalisme Farmasi"