Desa Bilolantunga Menuju Desa Mandiri

Desa Bilolantunga Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo 

BLOGNATEYA.COM | Bone Bolango - Desa Bilolantunga Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango saat ini tengah berbenah menuju desa Mandiri. Berbagai upaya dan persiapan saat tengah dilakukan oleh pemerintah desa ini.

Merujuk kepada  UU No. 6 Tahun 2014, Desa Mandiri adalah desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas/transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik. Desa Mandiri adalah desa yang memiliki nilai Indeks Pembangunan Desa (IPD) lebih dari 75.

Kades Bilolantunga Dodin Manara, menyebutkan saat ini pihaknya tengah memenuhi berbagai persyaratan untuk untuk Desa Bilolantunga menjadi Desa Mandiri. Diantaranya, sejumlah pendataan sebagai dasar penilaian dari lembaga terkait.

Salah spot yang menarik di Desa Bilolantunga 

"Saat ini kita tengah melengkapi data Indeks Pembangunan Desa dan dan Indeks Desa Membangun dan persyaratan yang telah ditetapkan dengan dibantu oleh pendamping desa dan pihak terkait lainnya"ungkap Dodin Manara, usai menghadiri rapat terkait persiapan Menuju Desa Mandiri, Rabu  05 Juni 2024 di Gedung BPU Desa Cendana Putih kepada awak media BLOGNATEYA.COM.

Dodin berharap semua ketentuan akan segera terpenuhi tanpa kendala, sehingga Desa Bilolantunga ditetapkan sebagai Desa Mandiri.

"Tentunya, ini akan menjadi kebanggaan bersama masyarakat Desa Bilolantunga, buah kerja keras berjuang bersama-sama membangun desa" tutup Dodin. (Redaksi/RG)

Posting Komentar untuk "Desa Bilolantunga Menuju Desa Mandiri"