Peran PAFI Merangin dalam Pembangunan Kesehatan Nasional

Persatuan Ahli Farmasi Indoensia (PAFI) Sumber Gambar Berasal dari google image dan di desain kembali oleh team blognateya 

BLOGNATEYA.COM - Ahli farmasi sangat di butuhkan di dunia kesehatan, farmasi memiliki peran yang sangat penting dalam kesehatan masyarakat. Karena seorang farmasis-lah yang paling tahu dan lebih menguasai serta paling berkompeten dalam hal obat-obatan. 

Karena hal tersebut maka PAFI Kabupaten Merangin Hadir untuk mewujudkan dan mendukung perkembangan kesehatan di Daerahnya dan juga di seluruh indoneisa. Persatuan Ahli Farmasi Indonesia di Kabupaten Merangin dibentuk dan telah di tetapkan pengurusnya untuk periode 2022-2027, kalian juga bisa mengunjungi  website PAFI Merangin di https://pafimerangin.org untuk lebih mengetahui seluruh kegiatan PAFI Merangin.

Apa itu PAFI? Mungkin banyak masyarakat yang belum mengenal apa itu PAFI dan apa perannya untuk mendukung kesehatan di indonesia. Berikut Sejarah Singkat terbentuknya PAFI.

Sekilas Tentang PAFI

Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) memiliki sejarah panjang yang dimulai sejak Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945. Ahli farmasi di Indonesia telah berjuang bersama seluruh elemen masyarakat untuk mengusir penjajahan, mempertahankan kemerdekaan, dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Ahli farmasi Indonesia menjadi salah satu pilar penting dalam upaya pembangunan nasional, khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat dan farmasi.

Pada 13 Februari 1946, di Yogyakarta, dibentuklah organisasi yang dinamakan Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). Organisasi ini bertujuan untuk menghimpun seluruh tenaga ahli yang berdedikasi di bidang farmasi. PAFI berazaskan Pancasila dan berperan sebagai organisasi profesi yang mengedepankan kekaryaan dan pengabdian.

Tujuan PAFI

PAFI memiliki beberapa tujuan utama:

  • Mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  • Mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat Indonesia.
  • Mengembangkan dan meningkatkan pembangunan farmasi di Indonesia.
  • Meningkatkan kesejahteraan anggota PAFI.

Berikut  Struktur Kepengurusan Organisasi PAFI Merangin periode Kepengurusan 2022-2027

Ketua: Ida Ayu Made Manuastiniari, A. Md. Farm.Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016), Pengalaman Organisasi: Ketua PAFI PC Karangasem (2019-sekarang). Tempat Kerja: RSUD Karangasem (2009-sekarang), Apotek Gauranga Farma (2017-sekarang)  

Wakil Ketua: I Made Pasek Swarya Yasa, A.Md.Farm Pendidikan: SMK Farmasi Saraswati Denpasar (2007), Akademi Kesehatan Bintang Persada (2021), Tempat Kerja: RSUD Karangasem (2012-sekarang), Apotek Aditya Farma (2018-sekarang)  

Bendahara: Ni Nyoman Noni, Amd. Farm, Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016), Pengalaman Organisasi: Bendahara PAFI PC Karangasem (2019-sekarang), Tempat Kerja: UPTD Kesehatan Puskesmas Sidemen (2006-sekarang)  

Sekretaris I: Erlina Dwi Handayani, A.Md.Farm, Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2016), Pengalaman Organisasi: Sekretaris II PAFI PC Karangasem (2019-2022), Sekretaris I PAFI PC Karangasem (2022-2027). Tempat Kerja: UPTD Puskesmas Manggis I (2019-sekarang), Apotek Ulakan (2020-sekarang), Apotek Padangkerta (2021-sekarang)  

Sekretaris II: Ni Komang Ristayani, Pendidikan: SMK Negeri 1 Tembuku (2016), Akademi Kesehatan Bintang Persada (2021), Pengalaman Organisasi: Sekretaris II PAFI PC Karangasem (2022-sekarang). Tempat Kerja: RS Balimed Karangasem (2016-sekarang), Apotek BWF (2021-sekarang), Apotek Toya Anyar (2021-sekarang)  

Seksi Organisasi: I Komang Harris Wijaya, A.Md.Farm, Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018), Tempat Kerja: Rumah Sakit Bali Med Karangasem (2018-sekarang), Klinik Tulus Ayu Amlapura (2019-sekarang)  

Seksi Pendidikan: Dewa Gede Andika Pramartha, Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018), Tempat Kerja: UPTD Puskesmas Abang 1 (2019-sekarang)  

Seksi Usaha dan Kesejahteraan: 

Ni Nyoman Trisna Ayu Andani, Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2013), Tempat Kerja: Toko Obat Yoga Jaya (2020-2024), UPTD Puskesmas Selat (2022-sekarang)  

Seksi Informasi dan Teknologi:

Ni Made Erlina Widyasari, A.Md.Farm Pendidikan: Akademi Farmasi Saraswati Denpasar (2018), Tempat Kerja: Puskesmas Karangasem I (2019-sekarang)  

Alamat dan Kontak

Alamat: Jl. Lintas Sumatera, Kabupaten Merangin, Jambi. Kontak: Email: admin.pafimerangin@gmail.com, website https://pafimerangin.org/

Dengan semangat profesionalisme dan pengabdian, PAFI Marangin terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan kesehatan masyarakat dan farmasi di Indonesia. 

Demikian Artikel ini kami share semoga bermnafaat untuk kalian semua apabila ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom Komentar Yang sudah kami sediakan.

Sumber informasi : Di lansir dari halaman website https://pafimerangin.org/. Di kemas menjadi satu artikel dibantu oleh chatgpt ai. Artikel ini sebagai informasi kepada masyarakt umum.

Posting Komentar untuk "Peran PAFI Merangin dalam Pembangunan Kesehatan Nasional"