Tanaman Indigofera Pilihan Terbaik sebagai Pakan Ternak dan Manfaat Lainnya

Ilustrasi Gambar:  Desain by blognateya. Diambil dari google image dan channel youtube Sapibagus TV

BLOGNATEYA.COM - Apa kabar para pengunjung website kami blognateya. Pada artikel kali ini kami akan memberikan informasi penting, khususnya bagi para peternak di seluruh indonesia. Yaitu seputar tanaman yang banyak manfaatnya terutama sebagai pakan ternak, tanaman tersebut adalah Indigofera. Seperti di tayangankan pada salah satu channel youtube dengan nama Sapaibagus TV, pada video yang berdurasi 4 menit tersebut menjelaskan, tentang khasiat dan manfaat tanaman ini. Untuk lebih jelasnya Mari Kita Simak Penjelasannya.

Banyak sekali tanaman yang bisa dijadikan sebagai pakan ternak, khususnya rumput dan dedaunan. Namun, tidak semua tanaman bisa dijadikan pakan ternak. Ada beberapa tanaman yang memang memiliki kualitas yang sangat baik untuk dijadikan pakan ternak, salah satunya adalah tanaman Indigofera.

Tanaman Indigofera adalah tumbuhan penghasil warna biru yang alami dan termasuk ke dalam golongan polong-polongan. Dalam beberapa daerah, Indigofera memiliki nama yang berbeda. Seperti dalam bahasa Sunda, Indigofera disebut juga dengan tarung Dani, dan dalam bahasa Jawa, disebut dengan Tom. Tanaman ini sudah dikenal di Indonesia sejak lama, dibawa dari Eropa sekitar tahun 1900, dan terus berkembang. Indigofera mulai dijadikan sebagai pakan ternak sejak tahun 2006. Mengandung kalsium, nitrogen, dan fosfor yang tinggi, memiliki banyak sekali jenis, membuat Indigofera menjadi salah satu tanaman yang paling beragam, kurang lebih ada 750 jenis tanaman Indigofera.

Indigofera mengandung nutrisi yang sangat tinggi jika dijadikan sebagai pakan ternak, terlebih dalam satu pohon terdiri dari banyak sekali daun, sehingga bisa diproduksi dalam jumlah banyak. Dengan begitu, pemanfaatan tanaman Indigofera ini mampu menekan biaya pakan sehari-hari. Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Indigofera dan jarang dimiliki hijauan lain sebagai pakan ternak:

1. Palatabilitas tinggi: Indigofera memiliki palatabilitas yang tinggi sehingga disukai oleh ternak.

2. Produktivitas tinggi: Mampu diproduksi dalam jumlah banyak. Dalam satu hektar, Indigofera mampu menghasilkan 12 ton per panen dengan waktu tanam 10-50 hari.

3. Kandungan protein dan nutrisi tinggi: Bagus untuk proses penggemukan ternak. Nutrisi yang dikandungnya akan lebih banyak diserap oleh ternak dibandingkan dengan terbuang bersama feses.

4. Kandungan mineral tinggi: Cocok untuk alternatif pakan saat musim kemarau.

5. Kandungan anti nutrisi rendah: Sekitar 0,6 sampai 1,4 BTM.

Selain cocok sebagai pakan ternak, Indigofera juga bisa dimanfaatkan sebagai pewarna kain dan pencegah erosi. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tanaman yang satu ini, sehingga menanamnya bukanlah suatu hal yang harus dipertimbangkan.

Demikianlah informasi seputar tanaman Indigofera. Semoga bermanfaat, apabila ada kritik dan saran silahkan tulis pada kolom Komentar Yang sudah kami sediakan.

Sumber Informasi : Channel Youtube Sapibagus TV dan dikemas menjadi satu artikel yang menarik serta dikembangkan oleh chatgpt ai.

Posting Komentar untuk "Tanaman Indigofera Pilihan Terbaik sebagai Pakan Ternak dan Manfaat Lainnya"