Awal Mula Nama Tugu Albada di Desa Monano Kecamatan Bone Dan Sejarahnya

Gambar Bersumber dari Pemerintah Desa Monano dan di desain by blognateya 

BLOGNATEYA.COM - Tugu Albada, dengan kemegahannya, telah menjelma menjadi icon Desa Monano, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango. Namun, sedikit yang mengetahui cerita di balik nama yang menghiasi tugu tersebut. Kini, mari kita ungkap sejarahnya yang menarik.

Tugu Albada di bangun pada tahun 2022 oleh Pemerintah Desa Monano. Pembangunan tugu ini tidak semata-mata dilakukan begitu saja. Ini merupakan gagasan dari kepala desa Monano, Bapak Amirudin Tohopi, S.AP, bersama tokoh masyarakat setempat.

Nama "Albada" sendiri diambil dari nama Pohon Alumbango Daa (Pohon Kelumpang Besar) yang tumbuh di sudut lapangan Desa Monano. Pohon Alumbango telah tumbuh ratusan tahun lamanya. Menurut sejarah yang turun-temurun disampaikan oleh tokoh masyarakat, dengan adanya kekuasan Allah Swt, pohon ini memiliki keistimewaan yang luar biasa. Tak sebatang ranting pun yang jatuh dari pohon ini dan menyebabkan kecelakaan, seperti yang sering terjadi pada pohon lainnya.

Gambar bersumber dari pemerintah desa monano 
Menariknya, pada masa penjajahan Belanda dan Jepang, Desa Monano tidak pernah diduduki oleh tentara penjajah. Hal ini dikarenakan adanya kepercayaan bahwa pohon Alumbango memiliki kekuatan spiritual yang mampu mendeteksi musuh yang masuk ke wilayah desa. Konon, pohon tersebut memiliki kekuatan bernama "TINGOHU" yang berfungsi sebagai penjaga, serta "LOTONGO" sebagai penangkal energi negatif, hal ini juga terjadi karena atas izin dari Allah Swt.

Penghormatan terhadap sejarah dan kepercayaan tersebut tercermin dalam pembangunan Tugu Albada. Tidak hanya sebagai simbol, tugu ini juga dijadikan sebagai tempat yang indah untuk dinikmati oleh pengunjung, dengan keberadaan Taman Albada di sekitarnya.

Dengan adanya kekuatan spiritual dan sejarah yang diwariskan leluhur, Tugu Albada mengajarkan kita akan kearifan lokal dan hubungan erat antara manusia dengan alam serta budaya. Semoga kisah ini bisa menginspirasi dan menghidupkan kembali nilai-nilai kearifan lokal di tengah gemerlapnya zaman modern.(Redaksi/RG)

Sumber Informasi:  Tokoh Masyarakat sekaligus tokoh adat bapak Kamarudin Tohopi, Kades Monano Bapak Amirudin Tohopi beserta tokoh masyarakat lainnya di desa monano. Wikipedia Pengertian Pohon Alumbango

Posting Komentar untuk "Awal Mula Nama Tugu Albada di Desa Monano Kecamatan Bone Dan Sejarahnya"