Soal Dana Makan Siang Gratis, Airlangga Ungkap Anggaranya Bersumber Dari Dana BOS

Soal Dana Makan Siang Gratis, Airlangga Ungkap Anggaranya Bersumber Dari Dana BOS 

BLOGNATEYA.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengungkapkan bahwa anggaran pembiayaan program makan siang gratis yang diusung oleh kubu Prabo Kibran akan bersumber dari Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dana BOS ini berasal dari anggaran di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, demikian yang disampaikan oleh Airlangga saat simulasi program makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, pada Kamis, 29 Februari. Menurut Erlangga, pola pendanaan program ini akan melalui BOS spesifik ataupun BOS afirmasi, di mana BOS afirmasi adalah program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah di daerah khusus yang ditetapkan oleh Kementerian.

Airlangga juga menjelaskan bahwa dana program makan siang gratis ini akan langsung disalurkan ke rekening sekolah, sehingga menurutnya akan ada rekening terpisah antara penyaluran BOS reguler dan juga BOS spesifik. Tujuannya adalah agar ada evaluasi dan juga pemantauan yang jelas atas pembiayaan program makan siang tersebut.

Sulas M. Mas, Bupati Kabupaten Tangerang, mengungkapkan bahwa program ini bersifat sukarela, di mana bupati tersebut merupakan volunter. Program ini pertama kali dilakukan di Kabupaten Tangerang, namun belum ada jumlah sekolah yang ditetapkan. Pada sidang kabinet kemarin, salah satu utusan dari Kabupaten Tangerang menjelaskan alasan mengapa mereka menjadi volunter. Evaluasi sementara menunjukkan bahwa menu makanan cocok secara gizi dan kalori serta melibatkan UMKM. Salah satu aspek positif adalah penggunaan uang sekolah untuk beli makanan, meskipun ada beberapa yang membeli makanan kurang sehat. Program ini diharapkan menjadi tepat karena gizinya cukup dan kalorinya terpenuhi, sekaligus menghadirkan lokal menjadi bagian dari Indonesia.

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News 

Sumber informasi : youtube channel @Tribunnews kemudian kami kemas dalam satu artikel dan di kembangkan oleh chatgpt ai

Posting Komentar untuk "Soal Dana Makan Siang Gratis, Airlangga Ungkap Anggaranya Bersumber Dari Dana BOS "