Setiap Musim Hujan Kantor Camat Bone Kabupaten Bone Bolango Kerap Kebanjiran

Kondisi Halaman Kantor Camat Bone Saat Terjadi Hujan Deras

BLOGNATEYA.COM - Kantor Camat Bone Kecamatan Bone,Kabupaten Bone Bolango yang berlokasi di Desa Taludaa, saat awal musim hujan tahun 2024 ini harap-harap cemas, mengingat setiap tahun Kantor ini selalu kedatangan tamu tak diundang, yaitu banjir.

Sekcam Bone Hamid I. Datau, S.AP menyampaikan “Kantor Camat Bone selalu kebanjiran saat musim hujan, khususnya pada saat hujan lebat, air akan masuk ke dalam Kantor sampai ketinggian 10-31 cm,” ujarnya.

Dijelaskan, “Ada beberapa penyebab terjadinya banjir di Kantor Camat Bone, pertama, rendahnya posisi tanah dari badan jalan raya trans sulawesi, sehingga saat hujan lebat akan menjadi penampung curah hujan dari badan jalan Raya trans sulawesi. Kedua, tidak lancarnya aliran drainase yang ada di depan Kantor, sehingga pada saat hujan lebat,air yang mengalir dari drainase yang berasal dari perbukitan sekitar Desa Taludaa akan melimpah dan langsung masuk ke Kantor,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Hamid juga membeberkan gagasan yang perlu ditempuh untuk mengatasi masalah ini. Beliau mengatakan “Untuk mengatasi kejadian banjir yang selalu datang itu adalah dengan merehap gedung Kantor dan meninggikan pondasi gedung, disamping menimbun halaman Kantor lebih tinggi dari badan jalan raya. Ujarnya

Penyelesaian cara mengatasi banjir di atas, nampaknya sudah nampak terbukti pada gedung BPU yang berada disamping Kantor  Camat  yang tidak terkena banjir, hal ini disebabkan karena halaman BPU sudah ditinggikan melebihi badan jalan, sehingga air tidak bisa masuk ke dalam gedung.

Hamid I. Datau, S.AP berharap semoga kedepannya kami selaku pemerintah kecamatan akan berkonsultasi dengan pemerintah kabupaten, untuk mencarikan solusi yang terbaik terutama dalam pembahasan sumber anggarannya. Karena  akibat dari banjir yang selalu datang setiap tahun ini, pelayanan terhadap masyarakat agak terkena imbas, karena lebih dari dua hari kantor belum bisa digunakan sepenuhnya demi membersihkan kantor.tutup Hamid. ( Redaksi/RG)

Sumber Informasi : Sekcam Bone 

Posting Komentar untuk "Setiap Musim Hujan Kantor Camat Bone Kabupaten Bone Bolango Kerap Kebanjiran "