Masa Tenang Pemilu 11-13 Februari 2024: Berikut Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan

Masa Tenang Pemilu 11-13 Februari 2024: Berikut Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan

BLOGNATEYA.COM - Masa kampanye pemilu 2024 akan berakhir pada Sabtu, 10 Februari 2024, yang kemudian diikuti oleh masa tenang dari tanggal 11 hingga 13 Februari 2024. Apa sebenarnya arti dari masa tenang ini? Dilansir dari laman media online kompastv.com dan channel youtube kompastv, menurut penjelasan dari jurnalis Kompas TV Desi, masa tenang adalah periode krusial sebelum pemungutan suara dimulai.

Masa tenang, yang berlangsung selama 3 hari sebelum pemungutan suara, merupakan waktu di mana semua aktivitas kampanye dilarang dilakukan. Aturan ini sangat ketat, dan siapapun yang tetap melakukan kampanye akan dijatuhi pidana dengan hukuman paling lama 1 tahun penjara dan denda maksimal Rp1 juta.

Selama masa tenang, larangan tidak hanya berlaku untuk kampanye langsung, tetapi juga untuk media dan lembaga penyiaran. Mereka dilarang menyiarkan berita, iklan, rekam jejak, atau bentuk lainnya yang dapat menguntungkan atau merugikan peserta pemilu. Bahkan lembaga survei pun tidak diperbolehkan mengumumkan hasil survei atau pendapat tentang pemilu di masa tenang.

Selain itu, ada larangan lain yang harus dipatuhi selama masa tenang. Para peserta pemilu dan tim kampanye dilarang menjanjikan atau memberikan imbalan kepada pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya, atau menggunakan hak pilihnya dengan cara yang tidak sah. Pelanggaran terhadap aturan ini dapat mengakibatkan hukuman maksimal 4 tahun penjara dan denda maksimal Rp48 juta.

Oleh karena itu, penting bagi para peserta pemilu, tim sukses, relawan, dan simpatisan untuk menghentikan segala aktivitas kampanye selama masa tenang ini. Mari bersama-sama menciptakan pemilu yang damaikan, adil, dan bebas dari kecurangan. Ingatlah bahwa integritas dan kepatuhan terhadap aturan adalah kunci bagi keberhasilan proses demokrasi kita.

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News 

Sumber informasi : Media Online kompastv.com dikembangkan oleh chatgptai

Posting Komentar untuk "Masa Tenang Pemilu 11-13 Februari 2024: Berikut Hal-Hal yang Tak Boleh Dilakukan"