Irsyad Hunowu dan Terobosan Budidaya Kacang Sacha Inchi di Bone Pesisir: Membangun Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

Irsyad Hunowu dan Terobosan Budidaya Kacang Sacha Inchi di Bone Pesisir: Membangun Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat

BLOGNATEYA.COM - Irsyad Hunowu adalah tokoh masyarakat sekaligus pensiunan PNS kota gorontalo. Putra kelahiran asli Bone Pesisir ini, telah melakukan satu terobosan yang menarik perhatian banyak pihak. Program budidaya kacang bintang di wilayah Bone Pesisir ini bertujuan untuk membangun perekonomian masyarakat di Bone Pesisir, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Beliau yakin bahwa suatu saat jika Kabupaten Bone Pesisir akan terwujud akan memiliki potensi besar untuk mensejahterakan semua rakyat dibonpes, dan strateginya adalah dengan mengembangkan budidaya kacang sacha inci.

Sacha Inci, atau yang biasa disebut kacang bintang, merupakan jenis tanaman yang diproduksi bijinya untuk aneka produk. Bijinya pun bisa dijadikan camilan setelah digoreng atau disangrai. Bentuk kacang ini menyerupai bintang dengan tekstur kulit yang keras dan berlapis. Meskipun belum begitu populer di Indonesia, di negara tetangga seperti Thailand dan Vietnam, kacang ini menjadi komoditas andalan para petani setempat karena mempunyai nilai jual yang fantastis.

Irsyad melihat peluang besar di Kabupaten Bone Bolango, khusnya untuk wilayah Bone Pesisir yang memiliki lahan luas yang kosong dan bisa menjadi potensi besar di bidang perkebunan. Dengan membentuk kelompok usaha bersama, Irsyad mengharapkan masyarakat di Bone Pesisir dapat lebih mudah mengelola hasil dari potensi sumber daya alam yang dimiliki.

Program ini diawali dengan melaksanakan sosialisasi tentang pengenalan sacha inci, cara penanaman, perawatan, produk yang bisa dihasilkan, dan potensi ekonomi untuk wilayah Bone Pesisir. Selanjutnya, pemberian bibit sebanyak mungkin dilakukan, diikuti dengan monitoring perkembangan penanaman yang dilakukan oleh kelompok tani di wilayah tersebut.

Kesimpulan dari upaya ini adalah bahwa untuk meningkatkan perekonomian desa, perlu dimulai dari pemberdayaan sumber daya manusia untuk mengelola sumber daya alam yang tersedia. Proses ini mungkin perlahan, namun harus tetap terarah agar tujuan peningkatan ekonomi masyarakat desa dapat tercapai dengan sukses. Bapak Irsyad Hunowu memberikan contoh nyata bagaimana satu individu dapat menjadi agen perubahan dalam membangun kesejahteraan masyarakat melalui inovasi dan kerja kerasnya.

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News 

Sumber informasi : Narasumber serta dari media online tentang manfaat kacang sacha inchi dan kami kemas dalam satu artikel dikembangkan oleh chatgpt ai

Posting Komentar untuk "Irsyad Hunowu dan Terobosan Budidaya Kacang Sacha Inchi di Bone Pesisir: Membangun Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat"