Selalu Menjaga Bhineka Tunggal Ika Dalam Perbedaan Politik

Ilustrasi Gambar Masing Masing Pendukung Ketiga Capres yang nobar debat capres 2024

Blognateya.com - Sejak kita mulai belajar dari bangku SD hingga kuliah, semboyan bangsa Indonesia, Bhineka Tunggal Ika, selalu menghiasi keseharian kita. Meskipun kita berasal dari berbagai suku, ras, dan agama, keunikan Indonesia terletak pada kemampuan kita untuk tetap hidup rukun, damai, dan saling bekerjasama.

Di tahun politik, perbedaan pandangan dan arah pilihan seringkali menjadi bagian dari kehidupan kita. Hal ini dapat menimbulkan ketegangan dalam mempertahankan pilihan dan menonjolkan keyakinan masing-masing. Namun, tak lekang oleh waktu, masyarakat Indonesia selalu mampu kembali bersatu setelah perhelatan politik berakhir dengan kemenangan bagi seluruh rakyat.

Fenomena ini terjadi karena Indonesia menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika yang telah tertanam dan mendarah daging dalam jiwa rakyatnya. Meskipun berbeda pilihan, akhirnya kita bersama-sama merajut kerukunan dan kedamaian, saling gotong royong dalam menjalani kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bhineka Tunggal Ika bukan hanya semata-mata semboyan, melainkan landasan utama bagi eksistensi Indonesia sebagai negara pluralistik. Keberagaman bukanlah hambatan, melainkan kekayaan yang perlu dijaga. Dalam menjalani proses politik, kita membutuhkan kebijaksanaan untuk merangkul perbedaan, memahami perspektif satu sama lain, dan mencari titik temu yang mengarah pada kebaikan bersama.

Penting untuk diingat bahwa setiap pilihan politik bukanlah pemisah, tetapi bagian dari hak demokratis setiap individu. Bhineka Tunggal Ika mengajarkan kita untuk saling menghormati, menjaga kebersamaan, dan memupuk rasa persatuan di tengah keragaman. Dengan begitu, Indonesia akan terus menjadi negara yang kokoh, kuat, dan berdaya, serta ekonominya semakin meningkat sehingga rakyatnya sejahtera, tanpa terpengaruh oleh dinamika perbedaan politik yang muncul dari waktu ke waktu. (Redaksi/RG)

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News 

Posting Komentar untuk "Selalu Menjaga Bhineka Tunggal Ika Dalam Perbedaan Politik"