Peran Proaktif Kepala Desa Alfrist Ana Menyelesaikan Konflik di Desa Muara Bone Melalui Jalur Musyawarah Kekeluargaan

Dokumentasi Kades muara bone Alfrits Ana bersama kedua warga pendatang yang terlibat perkelahian saat di minta keterangan

Blognateya.com - Desa Muara Bone, adalah desa yang damai di tengah hiruk-pikuk kehidupan, Desa kecil ini terletak di wilayah Bone Pesisir Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. 

Tidak hanya dikenal karena keindahan alamnya, tetapi juga karena kepemimpinan proaktif Kepala Desa, Bapak Alfrits Ana,S.Pd saat menciptakan perdamain dan mengayomi masyarakatnya ketika terjadi konflik.Salah satu contoh adalah Saat konflik mengancam ketentraman Desanya pada Minggu, 5 November 2023 kemarin, Alfrist Ana bukan hanya seorang pemimpin yang tegas, tetapi juga seorang penengah yang bijak.

Dalam sebuah peristiwa perkelahian antar dua orang warga pendatang didesanya, Alfrits kemudian mengambil langkah untuk mendamaikan kedua warga tersebut. Menyadari bahwa konflik tidak selalu memerlukan intervensi hukum formal, ia memilih jalur musyawarah kekeluargaan. Dengan mengundang kedua pihak yang berkonflik.

Dokumentasi penandatangan surat pernyataan penyelesaian masalah antar kedua warga yang berkonflik yang di saksikan langsung kades Muara Bone Alfrist Ana

Kedua orang tersebut, adalah warga Desa Botuombato Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorut berinisial RS yang di duga sebagai korban, dan warga Desa Dulamayo Kabupaten Gorontalo dengan inisial RT. Alfrits Ana berhasil mendamaikan mereka, dengan membuat surat pernyataan yang kemudian di tanda tangani oleh kedua belah pihak, sebagi bukti penyelesaian masalah antar keduanya.

Keputusan bijak ini tidak hanya menciptakan perdamaian di Desa Muara Bone, tetapi juga menjadi contoh bagaimana kepemimpinan yang responsif dan berorientasi pada masyarakat dapat memainkan peran kunci dalam menyelesaikan konflik. Desa Muara Bone, dengan kebijaksanaan Kades Alfrits Ana, menjelma menjadi model harmoni desa yang menginspirasi dalam menanggapi ketegangan lokal.

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News 

Sumber informasi : pemerintah desa muara bone kemudian dikemas dalam satu artikel dan di kembangkan oleh penulis dibantu oleh chatgpt

Posting Komentar untuk "Peran Proaktif Kepala Desa Alfrist Ana Menyelesaikan Konflik di Desa Muara Bone Melalui Jalur Musyawarah Kekeluargaan"