Pemerintah dan Masyarakat Desa Taludaa Sukses Melaksanakan Adat Mopotilolo Menyambut Camat Bone

Dokumentasi Acara adat mopotilolo Camat Bone di Desa Taludaa Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango 

Blognateya.com - Desa Taludaa adalah ibu kota kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango, desa ini di kepalai sementara oleh penjabat Kades Bapak Andris Daud,S.IP  sekaligus kasie pemerintahan di Kantor Camat Bone pasca mundurnya kades definitif Bapak Wilson Hadju, yang mendaftar sebagai Caleg kabupaten bone bolango dari partai nasdem pada pemilu 2024. Pemerintah dan masyarakat desa taludaa sukses menyelenggarakan penyambutan adat Mopotilolo dengan meriah dan khidmat, Acara tersebut dilaksanakan untuk menyambut kedatangan Camat Bone, Bapak Dahlan S Tomelo,S.Pd pada hari Kamis, 30/11/2022.

Penyambutan adat Mopotilolo diawali dengan upacara adat yang dipandu oleh Tokoh Adat Kecamatan Bone, Bapak Kamarudin A Tohopi. Camat Bone bersama isteri disambut dengan atraksi beladiri tradisional gorontalo yaitu langga, diiringi genderang adat berupa rebana. Proses ini berlangsung mulai turun dari kendaraan dinas hingga menuju tempat duduk camat bone yang telah disiapkan sebagai tempat adat wuleya lo lipu.

Pemerintah desa taludaa mengundang sejumlah tokoh masyarakat,FORKOPIMCAM, Kades se Kecamatan Bone beserta aparat desa,Sekcam Bone bersama staf dan seluruh masyarakat Desa Taludaa. Dalam penyambutan tersebut turut hadir Camat Bone Periode 2012-2016 yang telah purnatugas bapak Arwis Botutihe,S.Pd bersama istri, dan Camat Bone periode 2021-2023,bapak Kristianto Ruchban,SE,M.Si, yang kini bertugas di kecamatan Bulawa Kabupaten Bone Bolango.

Ada yang terlihat unik dalam acara tersebut, yaitu pakaian adat takowa berwarna ungu cerah yang dikenakan oleh penjabat kades dan aparatnya serta BPD desa Taludaa. Pakaian adat seragam ini menarik perhatian masyarakat dan para undangan, seragam ini menandakan kekompakan dan kebersamaan Pemerintah Desa bersama BPD dalam mensukseskan acara adat di desa taludaa,  inilah yang membedakan Desa Taludaa dari desa-desa lain di Kecamatan Bone yang menggelar acara adat Mopotilolo.

Dalam sambutannya, penjabat Kades Taludaa, Andris Daud, S.IP, menyampaikan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir. Ia juga meminta maaf jika terdapat kekeliruan atau kekhilafan dalam pelayanan selama proses acara berlangusng. Andris menekankan bahwa keberhasilan acara ini berkat kerjasama Pemerintah Desa dengan lembaga desa setempat, karang taruna,Tokoh masyarakat, termasuk kontribusi dari seluruh masyarakat Desa Taludaa.

Acara adat Mopotilolo ditutup dengan doa bersama yang dipimpin langsung oleh imam wilayah kecamatan bone, dilanjutkan dengan poto bersama kemudian menyantap makanan yang sudah di sediakan oleh panitia untuk seluruh undangan dan masyarakat yang hadir. Dengan berakhirnya acara adat  Mopotilolo di Desa Taludaa, berakhir pula acara adat Mopotilolo di kecamatan bone, semoga Camat Bone yang baru Bapak Dahlan S. Tomelo, S.Pd diberikan kesehatan dan selalu dalam lindungan allah swt dalam menjalankan tugas, sebagai perwakilan pemerintah kabupaten di Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Ikut juga 

Berita dan Artikel Kami lainya di Google News

Posting Komentar untuk "Pemerintah dan Masyarakat Desa Taludaa Sukses Melaksanakan Adat Mopotilolo Menyambut Camat Bone"