Inovasi Bisnis Mengubah Sampah Plastik Menjadi BBM

Ilustrasi Gambar  : Desain By CANVA 

Blognateya.com - Dalam era kenaikan harga BBM dan kebutuhan pokok yang terus melonjak, masyarakat di Kota Jambi menemukan solusi inovatif dengan mengubah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM), informasi ini di beritakan oleh channel youtube Buletin News. Sebuah ide bisnis yang tidak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga menjadi alternatif terjangkau untuk kebutuhan energi masyarakat di desa.

Penduduk di Dusun Jembatan Satu, Desa Pelayan Raya, Kecamatan Sungai Bungkal, Kota Sungai Penuh, Jambi, telah berhasil menciptakan mesin pirolisis. Mesin ini, yang dikembangkan dengan kekhawatiran terhadap masalah sampah plastik yang terus bertambah, mampu mengubah 10 kg sampah plastik menjadi sekitar 10 liter BBM dalam waktu sekitar 3 jam.

Proses pirolisis menggunakan mesin yang terhubung dengan tiga pipa konversi, memisahkan dan menghasilkan tiga jenis bahan bakar: premium, solar, dan minyak tanah. Pria di balik inovasi ini, seorang lulusan SMP yang belajar secara otodidak, menginvestasikan sekitar 700.000 dalam pembuatan mesin ini.

"Alhamdulillah berhasil," ujar sang inovator. Setelah berhasil menguji coba secara langsung, ia berharap pemerintah desa atau Pemerintah Kota Sungai Penuh Jambi dapat mendukung pengembangan alat pembuatan BBM ini. Inovasi ini tidak hanya memberikan alternatif BBM yang terjangkau, tetapi juga menjadi solusi untuk mengurangi masalah sampah plastik yang terus mencemari lingkungan, terutama sampah rumah tangga.

Dengan dorongan dukungan pemerintah dan masyarakat, inovasi ini memiliki potensi besar untuk menjadi solusi berkelanjutan dalam mengatasi permasalahan energi dan lingkungan di tingkat lokal.

Ikut Berita dan Artikel Kami lainya di Google News

( Sumber Referensi : Diambil dari channel youtube Buletin News dikembangkan oleh penulis dibantu oleh chatgpt AI )

Posting Komentar untuk "Inovasi Bisnis Mengubah Sampah Plastik Menjadi BBM"