Prosesi Adat Mopotilolo Di Desa Sogitia Berlangsung Khidmat

Dokumentasi by blognateya.com

Blognateya.com - Di Sore hari yang cerah Pada Kamis, 23 November 2023, Pemerintah Desa Sogitia, Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, melaksanakan dengan khidmat prosesi adat Mopotilolo Camat Bone Bapak Dahlan S. Tomelo, S.Pd bersama Ibu. Acara ini diselenggarakan di Rumah Kediaman Penjabat Kades Sogitiaa, Ibu Rani Balango, yang mengorganisir kegiatan ini.

Dalam suasana yang penuh kekhidmatan ini dihadiri Camat Bone Periode 2012 - 2016 Bapak Arwis Botutihe,S.Pd, beserta Ibu, serta Forkopimcam Bone. Hadir pula Kades Se Kecamatan Bone, Sekcam Bone bersama stafnya, memberikan nuansa kebersamaan yang memperkaya momen tersebut.

Penjabat Kades Sogitia, Ibu Rani Balango, menyampaikan bahwa kesuksesan acara ini tak terlepas dari kerjasama erat antara Pemerintah Desa, lembaga desa, tokoh masyarakat, karang taruna, dan seluruh masyarakat Desa Sogitia. Ini menjadi bukti sinergi yang mengakar kuat dalam pelaksanaan tradisi adat, memperkokoh kebersamaan, dan memelihara nilai-nilai lokal.

Puncak acara terjadi saat Camat Bone disambut secara adat, disertai dengan seni beladiri tradisional gorontalo yaitu langga disertai iringan genderang atau rebana. Prosesi yang di pimpin langsung oleh tokoh adat, Bapak Kamarudin A. Tohopi, menambah nuansa keagungan pada acara tersebut.

Mopotilolo bukan sekadar upacara adat, tetapi juga sebuah wahana untuk merajut tali kebersamaan dan menghargai warisan budaya. Semoga perayaan ini tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari identitas Desa Sogitia, sampai turun-temurun untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya gorontalo menjelang masa depan yang penuh kejayaan.

Posting Komentar untuk "Prosesi Adat Mopotilolo Di Desa Sogitia Berlangsung Khidmat"