Menteri Desa Dorong Dana Desa untuk Pendidikan Berkualitas

Sumber referensi gambar : google image

Blognateya.com - Kemajuan desa bukan hanya bergantung pada keberhasikan pengelolaan administrasi dan keuangan saja, tetapi perlu adanya peningkatan SDM di desa agar bisa menghasilkan sumber Daya manusia yang unggul dan berkualitas. Hal Ini perlu di perhatikan, kenapa? satu negara yang sumber daya alamnya melimpah tidak akan bertahan lama jika Sumber Daya Manusianya tidak mumpuni untuk mengelolanya, bahkan suatu saat negara itu pasti akan jatuh miskin. Itulah gambaran betapa pentingnya peningkatan SDM di negara ini.

Di kutip dari websitenya medcom.id bahwa menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, mendorong pengalokasian dana desa untuk meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah pedesaan. Dalam upaya mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) di desa, kepala desa dan otoritas setempat diharapkan aktif dalam mencapai pendidikan berkualitas.

Abdul menekankan pentingnya desa menyalurkan berbagai bantuan, termasuk biaya sekolah bagi anak-anak yang tidak dapat melanjutkan pendidikan akibat keterbatasan ekonomi. Pada Seminar Nasional Kepala Desa secara daring, pada 24 Februari 2022, ia mengatakan, "Desa dapat memberikan bantuan biaya sekolah bagi anak yang tidak mampu atau putus sekolah."

Selain itu, desa diimbau untuk menyediakan peralatan pendidikan bagi siswa yang memulai perjalanan sekolahnya. Bantuan ini secara khusus ditargetkan kepada keluarga miskin di desa. Menurut Abdul, bantuan tersebut tidak hanya mencakup biaya pendidikan, tetapi juga mencakup aspek lain seperti transportasi, uang buku, seragam, hingga jenjang menengah pertama dan atas.

Abdul juga menyoroti pentingnya memberikan dukungan pendidikan kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Bahkan, desa dapat mempertimbangkan pendanaan untuk pelatihan di luar jam sekolah sesuai kebutuhan. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan dana desa dapat menjadi instrumen efektif dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat di komunitas pedesaan.

Konstitusi mengamanatkan hanya 2 hal kepada negara, yaitu Mencerdaskan dan mensejahterakan rakyatnya. Jika rakyat cerdas maka otomatis mereka akan sejahtera.

( Sumber Referensi : https://www.medcom.id )

Posting Komentar untuk "Menteri Desa Dorong Dana Desa untuk Pendidikan Berkualitas"