BPD Se Kecamatan Bone Lakukan Study Tiru Ke Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato

Dokumentasi Rombongan BPD Se Kecamatan Bone saat berkunjung Ke Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato

Blognateya.com - Oktober 2023, Rombongan Asosiasi Persatuan Badan Permusyawaratan Desa Se Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, melakukan kegiatan Study Tiru ke Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato.

Menurut penjelasan Mohamad Usman, S.Pd Ketua PABSI Kecamatan Bone, Kegiatan ini Bertujuan untuk mengadopsi program kinerja yang telah terbukti berhasil dilakukan oleh BPD Desa Taluduyunu sebagai mitra Pemerintah desa, kegiatan studi tiru ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja BPD Se Kecamatan Bone dalam melayani masyarakat.

Selama kunjungan ke Desa Taluduyunu, Rombongan Asosiasi Persatuan BPD Kecamatan Bone yang di ketua oleh Bapak Mohamad Usman, S.Pd melakukan pengamatan dan komunikasi dengan BPD Taluduyunu serta Kepala Desa setempat. Dalam pengamatan tersebut, didapati bahwa BPD Desa Taluduyunu telah berhasil melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai mitra Pemerintah Desa dengan baik. Salah satu faktornya adalah adanya kerja sama yang baik antara BPD dan Kepala Desa dalam merencanakan dan melaksanakan program-program di desa.

Badan Permusyawaratan Desa Taluduyunu juga dinilai berhasil dalam memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang diadakan. Hal ini terbukti dari keberhasilan proyek-proyek seperti pembangunan infrastruktur dasar dan program-program pemberdayaan masyarakat. Keberhasilan BPD Taluduyunu menjadi inspirasi bagi BPD yang ada di Kecamatan Bone untuk meningkatkan kinerjanya sebagai mitra Pemerintah Desa.

Namun, pada saat yang sama, kegiatan studi tiru ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan yang dihadapi oleh BPD Se Kecamatan Bone dalam melaksanakan tugas di desanya masing-masing. Beberapa tantangan tersebut antara lain kurangnya koordinasi antara BPD dan Kepala Desa, serta kurangnya pemantauan dan evaluasi program-program yang sudah dilaksanakan.

Mohamad Usman, S.Pd berharap setelah kembali dari kegiatan study tiru ini, BPD Se Kecamatan Bone dapat memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat di desanya masing-masing. Beliau juga menegaskan BPD sebagai Mitra Pemerintah Desa agar membangun sinergitas dan komitmen dengan pemerintah desa dalam mengawal dan menjalankan semua program yang ada di desa, Insya allah kedepannya Kecamatan Bone dapat berkembang lebih maju dan sejahtera di masa yang akan datang, tutup Mohamad Usman.

Posting Komentar untuk "BPD Se Kecamatan Bone Lakukan Study Tiru Ke Desa Taluduyunu Kecamatan Buntulia Kabupaten Pohuwato"