Cara Dan Syarat Pendaftaran CPNS Tahun Ini

Blognateya- Bagi teman-teman yang ingin mendaftar CPNS tahun 2023, kalian wajib mengetahui apa saja syarat umum dan juga syarat khusus, serta dokumen apa saja yang perlu kalian siapkan, agar nantinya saat CPNS sudah dibuka, Kalian sudah siap dan tinggal mendaftar di laman  sscasn bkn.

Nah, untuk mendaftar calon pegawai negeri sipil atau CPNS ini, yang pertama perlu kalian perhatikan adalah kalian harus mengetahui terlebih dahulu terkait dengan pembukaan CPNS itu kapan jadwal pendaftarannya, jika sudah mengetahui jadwalnya   teman-teman harus  membuat akun yaitu pendaftaran online melalui laman sscsn bkn.id.

Terkait dengan persyaratan umum, apa saja yang harus kalian ketahui jika ingin mendaftar CPNS.? yang pertama adalah harus warga negara Indonesia, atau WNI tentu dibuktikan dengan adanya KTP atau kartu tanda penduduk, yang kalian bisa buat di kantor disdukcapil atau dinas kependudukan, dan catatan sipil yang ada di daerah, silahkan bisa buat dari sekarang Mumpung ada waktu atau nanti ada waktu sebelum nanti pembukaan CPNS itu resmi dibuka

Selanjutnya adalah untuk usia  melamar CPNS ini, minimal 18 tahun 0 bulan,  berbeda dengan sekolah kedinasan Kalau sekolah kedinasan ada yang 17 tahun itu sudah bisa Tetapi, kalau untuk CPNS 17 tahun 16 tahun itu tidak bisa harus 18 tahun 0 bulan.

Selanjutnya adalah tidak pernah dihukum penjara, jadi ini sudah bisa kalian pastikan bahwa kalian belum pernah terlibat dengan tindak pidana yang sudah ada putusan dari pengadilan, tentunya belum pernah dihukum penjara.

Kemudian untuk syarat umum lainnya adalah tidak menjadi pengurus Partai politik, atau terlibat dalam politik nah ini wajib kalian perhatikan, kalian bisa cek nama kalian, karena saat ini banyak nama yang sedang diambil untuk melengkapi data-data dari berbagai parpol, kalian cek di web Pemilu atau di web KPU, kalian bisa melihat di sana Apakah nama kalian tercatat sebagai anggota parpol atau tidak, jika kalian tercatat maka kalian segera lapor.Persyaratan umum terakhir adalah bersiap ditempatkan di seluruh wilayah NKRI, ini sudah pasti seorang aparatur sipil negara itu wajib harus siap ditempatkan di mana saja menjadi ASN.

Terkait dengan dokumen dan juga berkas-berkas apa saja yang perlu kalian siapkan, yang pertama adalah KTP kemudian kartu keluarga, selanjutnya adalah ijazah terakhir sesuai dengan formasi Nah untuk ijazah terakhir ini tergantung formasi  yang kalian inginkan, dengan melamar formasi menggunakan kualifikasi ijazah S1 berarti ijazah S1 yang harus kalian gunakan kalau kualifikasi ijazah mewajibkan SMA harus SMA.

Berkas berikutnya adalah transkrip nilai, letaknya di belakang ijazah, berkas selanjutnya yang bisa kalian siapkan dari sekarang adalah pas foto, pas foto Ini berlatar belakang merah dan setengah badan dengan ukurannya 4 x 6 dan untuk formatnya adalah JPG, pakaiannya sebaiknya menggunakan pakaian kemeja putih lengan panjang, tidak ada corak tidak ada motif, menggunakan dasi juga boleh, untuk wanita boleh menggunakan hijab warna hitam.

Selanjutnya adalah swafoto, dengan memegang KTP kalian di sebelah kanan kemudian kalian berfoto atau swafoto, foto selfie ini bisa kalian siapkan juga dari sekarang, untuk latarnya bebas Tapi sebaiknya latar yang ada pernak-pernik, jadi latar belakangnya bisa dinding atau tembok, untuk bajunya bebas saja tidak apa-apa untuk swafoto ini.

Nah bagaimana dengan berkas-berkas lainnya, seperti surat lamaran kemudian surat pernyataan atau mungkin ada beberapa lainnya, untuk berkas-berkas lainnya ini tergantung dengan formasi yang kalian lamar, Jadi ada beberapa formasi yang meminta kalian melampirkan akta kelahiran. Untuk surat lamaran dan pernyataan di buat Saat pengumuman pendaftaran CPNS sudah dibuka, kalian ingin ikut formasi Apa, kalian baca persyaratannya karena surat lamaran dan surat pernyataan ini, setiap formasi lisensi memiliki format yang berbeda-beda. 

Apakah SKCK dibutuhkan SKCK.?  itu tidak diwajibkan untuk mendaftar CPNS untuk  formasi apa saja,  instansi apa saja, pendaftaran awal tidak menggunakan SKCK, ini perlu kalian Perhatikan ya SKCK tidak dibutuhkan untuk mendaftar CPNS. Kemudian kapan dibutuhkan.? Skck itu nanti setelah kalian dinyatakan lulus menjadi CPNS.Setelah itu dokumennya kalian scan kemudian kalian upload pada website pendaftaran cpns. Dan kemudian kalian tinggal menunggu kapan jadwal untuk mengikuti tes ujian lewat email kalian.

Posting Komentar untuk "Cara Dan Syarat Pendaftaran CPNS Tahun Ini"