Sejarah Singkat Terbentuknya Desa Masiaga Kec.Bone Kab.Bone Bolango



Blognateya.com - Desa Masiaga adalah desa pemekaran dari desa Taludaa (Induk) yang terdiri dari 2 (dua) dusun yaitu : Dusun Siaga Permai dan Dusun Hulia Jaya, Kata MASIAGA diambil dari salah satu nama Gunung yang merupakan potensi terbesar di Desa Taludaa yaitu penghasil cengkih terbesar di kecamatan Bone.

Desa Masiaga merupakan aspirasi murni masyarakat yang berada di wilayah Dusun Siaga Permai dan Dusun Hulia Jaya, setelah musyawarah tokoh masyarakat bersama seluruh masyarakat, sehingga tercapailah satu kesepakatan mufakat untuk memekarkan desa dari Desa Induk (Taludaa) menjadi Desa Persiapan Masiaga.

Dari hasil musyawarah tersebut dibentuklah Panitia Pemekaran Desa Persiapan Masiaga yaitu :

- Ketua          : Yusuf Tangahu

- Sekertaris  : Sarkia Gani

- Bendahara : Nurhayati Suaib (Kepala Dusun Permai dan Mustafa Mooduto (Kepala Dusun Hulia Jaya).

Panitia bersama masyarakat menyepakati dan mengusulkan Ibu Raklin K. Lasori sebagai Penjabat Kepala Desa Persipan Masiaga.

Panitia Pemekaran Desa Persipan Masiaga, membuat proposal pemekaran dan memenuhi segala ketentuan yang berlaku, kemudian diajukan ke Camat Bone (Drs.Muhtar O Samah) kemudian Kecamatan menindak lanjuti ke Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, sehingga dalam waktu singkat tepatnya hari selasa tanggal 5 juni 2007 diresmikanlah Dea Masiaga menjadi Desa Persiapan dengan Penjabatnya Ibu Raklin K. Lasori, kemudian pada tanggal 30 Juli 2007 ditetapkan menjadi Desa Definitif sesuai dengan Perda Kabupaten Bone Bolango Nomor 17 Tahun 2007.

Desa Masiaga memiliki adat dan budaya sesuai dengan garis keturunan yaitu : berasal dari Kecamatan Suwawa sehingga sebagian masyarakat menggunakan bahasa (Bonda) atau bahasa daerah suwawa dan sebagian menggunakan bahasa gorontalo, begitupula dengan pelaksanaan adat atau hajatan masyarakat.

Kemudian pada hari selasa tanggal 7 Agustus 2007 Pemerintah Desa dan Lembaga Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Perempuan, mengadakan rapat dana menyepakati penambahan 2 wilayah Dusun, yaitu:  Dusun II (Dua) Kali Bone dan Dusun III (Tiga) Huwata, dan satu tahun kemudian mengadakan rapat dan menyepakati pula penambahan 1 dusun lagi yaitu Dusun IV (Empat) Bonda Bagu.

Demikian Sejarah Singkat Terbentuknya Desa Masiaga Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. 

Artikel ini bersumber dari dokumen  profil Desa Masiaga.

Posting Komentar untuk "Sejarah Singkat Terbentuknya Desa Masiaga Kec.Bone Kab.Bone Bolango"