Cara Cek Nama Apakah Sudah Terdaftar di DPT Pada Pemilu 2024


Blognateya- Menjelang Pemilu 2024 KPU (Komisi Pemilihan Umum) Memastikan setiap warga negara harus mengamankan hak pilihnya dengan cara memastikan apakah namanya sudah terdaftar pada DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Kenapa hal ini wajib di lakukan..? Agar masyarakat bisa mengetahui langsung apakah namanya sudah terdaftar sebagai pemilih untuk menggunakan hak suaranya menjelang PEMILU tahun 2024 mendatang, karena KPU Memastikan agar semua rakyat indonesia dapat menggunakan hak suaranya tanpa ada yang GOLPUT.

KPU juga melalui Panitia Penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa memerintahkan agar mencatat semua masyarakat untuk di daftarkan pada Daftar Pemilih Sementara dan selanjutnya di tetapkan menjadi Daftar Pemilih Tetap.

Ada 2 (dua) cara yang dapat kalian lakukan untuk mengecek nama kalian apakah sudah tercatat atau terdaftar sebagai Pemilih pada pemilu 2024, cara pertama adalah mendatangi sekertariat panitia pemungutan suara dan mengecek langsung nama kalian pada lampiran DPS atau DPT yang telah di cetak oleh PPS. Cara kedua adalah dengan menggunakan  media online yaitu lewat Smartphone, hal ini sangat simpel karena dapat kita lakukan hanya di rumah saja.

Pengecekan secara online dapat kalian akses langsung ke websitenya KPU dengan cara mengklik  taufan berikut https://infopemilu.kpu.go.id/ atau lewat link berikut https://cekdptonline.kpu.go.id/.

Setelah link tersebut terbuka kalian lihat kolom pencarian lalu masukan Nomor Induk KTP atau nama Asli Kalian, setelah itu klik tombol pencarian, maka akan keluar nama lengkap anda, alamat, serta TPS dimana anda akan mencoblos. 

Apabila nama kalian  keluar berarti kalian sudah terdaftar sebagai peserta pemilih dan jika nama anda tidak keluar pada kolom pencarian, silahkan  kalian datang ke Panitia Pemungutan Suara untuk mendaftarkan kembali nama kalian dengan melampirkan KTP dan KK.

Demikian Artikel ini kami share semoga bermnafaat untuk kalian semua, pastikan  kalian menggunakan hak suara anda pada PEMILI 2024 Mendatang, Jangan Golput..karena suara anda menetukan nasib Negeri ini kedepan.

Posting Komentar untuk "Cara Cek Nama Apakah Sudah Terdaftar di DPT Pada Pemilu 2024"