BITULE (Ubi Hutan) Bisa Diolah Menjadi Produk Makanan UMKM Khas Gorontalo Untuk Dijual


Blognateya.com - Bitule atau ubi hutan (Dioscorea hispida) merupakan jenis tumbuhan berumbi yang umumnya di pakai sebagai tanaman pangan, bitule menghasilkan umbi yang dapat di konsumsi tetapi mengandung racun, yang bisa mengakibatkan pusing dan muntah apabila kurang benar pengolahannya. 

Bitule dapat di jadikan olahan untuk makanan, dan ini bisa menjadi peluang usaha bagi para pelaku UMKM, olahan yang di hasilkan dari bahan bitule antar lain Keripik bitule, keripik bitule sangat enak untuk di konsumsi, apalagi keripik ini di campur dengan gula merah sehingga rasanya sedap dan enak, banyak masyarakat gorontalo yang menyukai keripik bitule ini.

Kemudian produk lainnya dari bitule adalah Kolak Bitule, makanan ini luar biasa enaknya dan bisa menjadi salah satu olahan makanan untuk di jual oleh para pelaku UMKM, dengan rasanya yang manis dan gurih sehingga di sukai oleh para penggemar kolak, dan tentunya harus di olah dengan baik agar racunya bisa dihilangkan.

Bitule juga bisa di rebus untuk di makan, bagi masyarakat gorontalo bitule rebus, sering di kombinasikan dengan daging kelapa parut, sehingga menambah cita rasa khas daging bitule, kandungan bitule sama dengan kandungan yang ada pada ubi kau dan pisang,  bitule mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga bisa dijadikan makanan alternatif pengganti beras.

Cara mendapatkannya sangat mudah, karena bitule ini banyak tumbuh di hutan yang tidak jauh dari perkampungan, karena tanaman ini tergolong tumbuhan liar sehingga sangat mudah mencarinya, bahkan para petani banyak menjumpai tanaman ini di perkebunan mereka.

Demikian Artikel ini kami buat, semoga bermanfaat, terutama bagi para pelaku UMKM, baik yang ada di gorontalo maupun di seluruh indonesia, teruslah berinovasi untuk menghasilkan produk yang unik dan mampu bersaing dengan produk lain.

Silahkan kunjungi berita dan Artikel Kami lainya di Google News

Posting Komentar untuk "BITULE (Ubi Hutan) Bisa Diolah Menjadi Produk Makanan UMKM Khas Gorontalo Untuk Dijual"