Tetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah Pemerintah Kec.Bone Kab.Bone Bolango Gelar Adat Tonggeyamo



Blognateya-Pemerintah Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango menggelar adat TONGGEYAMO untuk menetapkan 1 syawal 1444 Hijriah yang di laksanakan di Rumah Dinas Camat Bone, Kamis 20/04/2023. Adat TONGGEYAMO merupakan adat Gorontalo yang wajib dilaksanakan setiap menyambut bulan suci Ramadhan maupun penetapan 1 Syawal Hari Raya Idulfitri. 

Maksud dari Tonggeyamo ini adalah sebagai  pemberitahuan resmi lembaga adat dan Pemerintah Kecamatan kepada umat muslim yang ada di kecamatan Bone mengenai 1 Syawal, dengan mengacu hasil sidang isbat oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

Sesuai dengan pengumuman Kementrian Agama Republik Indonesia melalui Menteri Agama Yaqud Cholil Qoumas bahwa 1 Syawal jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023.

Pengumuman Kementrian Agama ini berdasarkan pemantauan hilal yang belum terlihat di seluruh wilayah indonesia, ucap Camat Bone Kristianto Ruchban,SE,M.Si Usai Pelaksanaan Adat TONGGEYAMO di Rumah Dinas Camat Bone.

Pada pelaksanaaan gelar adat Tonggeyamo ini di hadiri oleh 14 Kepala Desa Se Kecamatan Bone bersama tokoh-tokoh agama perwakilan dari setiap desa, Kris juga menyerahkan langsung Naskah Khutbah Idulfitri  kepada Imam wilayah Kecamatan Bone, pada kegiatan TONGGEYAMO ini hadir pula para pejabat struktural di lingkungan Kantor Camat Bone.

Usai melaksanakan adat tonggeyamo,Kris dan jajaran pemerintah kecamatan serta Kepala Desa Se kecamatan Bone, menggelar rapat bersama terkait pelaksanaan program  kegiatan setelah Pelaksanaan Hari Raya Idulfitri, Kris juga mengucapkan selamat merayakan Hari Raya IdulFitri kepada seluruh Masyarakat Desa Se Kecamatan Bone.

Posting Komentar untuk "Tetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah Pemerintah Kec.Bone Kab.Bone Bolango Gelar Adat Tonggeyamo"